10 Aplikasi Screenshot Laptop dan PC Terbaik & Gratis

sarinahonline.co.id – Ada beberapa Aplikasi Screenshot Laptop dan PC yang bisa digunakan dengan mudah. Dimana dalam beberapa kesempatan, tentunya kalian akan butuh screenshot pada layar laptop yang dimiliki. Yang mana saat kalian membutuhkan informasi atau ingi menyimpan gambar dari sebuah video yang sedang ditonton.

Biasanya saat kalian ingin screenshot pada layar laptop, bisa gunakan tombol PrtScr pada keyboard. Namun, kalian juga bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk screenshot layar pada laptop yang digunakan dengan mudah. Aplikasi tersebut tidak hanya untuk menyimpan dalam bentuk gambar, bahkan kalian juga dapat menyimpan screenshot dalam bentuk video.

Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum tahu bahwa aplikasi dibawah ini dapat screenshot layar laptop dengan mudah. Kita akan sebutkan beberapa aplikasi yang dapat kalian manfaatkan untuk screenshot dan merekam layar. Sudah penasaran ingin mengetahui aplikasi apa saja yang dapat melakukan hal tersebut? Diantaranya sebagai berikut.

Daftar Aplikasi Screenshot Laptop dan PC

Saat kalian menggunakan laptop maupun PC kemudian berselancar di internet dan menemukan hal-hal yang menarik pastinya kalian ingin share kepada teman-teman. Nah, untuk menyimpan informasi tersebut, jika tidak dapat di unduh kalian bisa screenshot menggunakan sebuah aplikasi. Dimana aplikasi tesrebut sangat mudah digunakan.

Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk screenshot ini, kalian bisa melihatnya dibawah ini. Kalian bisa pilih salah satu aplikasi yang ingin digunakan dengan kelebihannya masing-masing yaitu sebagai berikut :

Snipping Tool

Snipping Tool merupakan salah satu aplikasi screenshot laptop dan PC. Kalian bisa gunakan aplikasi tersebut saat ingin menangkap layar pada laptop yang digunakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi screenshot bawaan yang dapat digunakan pada windows 7, 8, 8.1 dan 10. Dimana kalian juga akan menemuka fitur lainnya seperti pensil, penghapus, stabilo dan yang lainnya.

Dengan aplikasi tersebut, hasil screenshot kalian dapat disimpan dengan jenis format PNG, GIF, JPEG atau MHT. Kalian bisa pilih salah satunya, namun kebanyakan mereka menggunakan format JPEG. Untuk menemukan aplikasi tersebut, kalian buka menu Start dan bisa dicari melalui kotak Pencarian. Setelah ketemu, kalian bisa pilih metode screenshot.

Baca Juga :   GB WhatsApp ( GB WA ) Pro Apk Download Versi Terbaru 2022 [Official]

ScreenRec

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ScreenRec. Pasalnya aplikasi tersebut dapat kalian gunakan untuk screenshot layar pada laptop maupun PC yang digunakan. Yang mana caranya sendiri sangat mudah, hanya dengan menekan tombol Alt+S di keyboard kemudian tekan kamera di ScreenRec. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan screenshot layar yang diinginkan.

Dengan aplikasi ini, kalian akan menemukan kelebihan lainnya yaitu dapat merekam aktivitas di layar. Untuk kalian yang sering melakukan meeting di tempat kerja maupun mengikuti kelas. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Greenshot

Selanjutnya, kalian bisa gunakan aplikasi Greenshot untuk screenshot layar pada laptop yang digunakan. Dimana aplikasi tersebut tidak jauh berbeda dengan snipping tool, sama-sama memiliki ukuran yang sangat ringan. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang menarik. Seperti menangkap halaman web, membuat anotasi, dan lainnya.

Sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi tesrebut untuk screenshot layar laptop yang mereka gunakan. Yang mana aplikasi tersebut dikembangkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen dan juga Robin Krom ini sudah dirilis sejak tahun 2007 dan memiliki lebih dari 30 bahasa pada aplikasinya, termasuk bahasa Indonesia.

Lightshot

Kemudian, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Lightshot yang dapat digunakan untuk screenshot layar pada PC maupun Laptop. Yang mana aplikasi tersebut dapat digunakan pada windows dan juga Mac. Aplikasi ini akan membantu kalian untu melakukan tangkap layar dengan mudah dan praktis. Dimana tampilan yang diberikan oleh Lightshot ini sangat sederhana.

Hanya dengan seret kursor pada bagian layar yang ingin ditangkap, kemudian kalian tekan tombol “SImpan” yang digambarkan dengan ikon save pada umumnya. Jika ingin memiliki hasil screenshot yang bagus, kalian juga bisa mengedit dengan editing tool yang terseia pada aplikasi tersebut.

Baca Juga :   Download Nicoo Apk Config FF Max Unlock All Skin Gratis

ScreenPresso

ScreenPresso juga bisa kalian gunakan untuk melakukan tangkapan layar pada PC maupun Laptop. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang lengkap, dimana salah satu fitur unggulannya adalah opsi pengediatan gambar. Namun sangat disayangkan, pada versi gratisnya memiliki fitur editing yang terbatas.

Untuk dapat mengapus watermark pada tangkapan layar, kalian bisa gunakan versi pro nya. Tidak hanya itu, dengan versi pro kalian bisa menambahkan efek pada gambar. Namun, kalian harus membayarnya dengan harga 400 ribuan untuk satu kali pembelian. Untuk pengambilan tangkapan layarnya, cukup tekan tombol PrintScreen pada keyboard di PC maupun Laptop.

Snagit

Snagit merupakan salah satu aplikasi screenshot laptop dan juga PC. Kalian bisa gunakan aplikasi tersebut saat ingin menangkap hal-hal yang penting pada layar PC maupun laptop. Dimana aplikasi tersebut memiliki fitur utama yaitu template yang digunakan untuk membuat dokumentasi visual, tutorial dan materi pelatihan dari hasil screenshot.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa membuat video atau GIF dari hasil screenshot yang sudah dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi Snagit ini memberikan fitur-fitur screenshot unggulan untuk hasil yang sangat memuaskan. Snagit bisa digunakan untuk windows dan juga Mac.

ShareX

ShareX adalah salah satu aplikasi yang dapat diguankan untuk melakukan tangkapan layar pada laptop maupun PC. Ada bnayak fitur-fitur keren yang bisa kalian temukan saat menggunakan aplikasinya. Dimana salah satunya yaitu scrolling capture atau screenshot halaman panjang di berbagai aplikasi.

Tidak hanya itu saja, klaian juga bisa melakukan Webpage capture diberbagai alamat situs. Kemudian, kalian juga bisa menambahkan watermark ke hasil screenshot dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa kalian gunakan secara gratis dan tanpa iklan. Aplikasi ini dapat digunakan pada windows 7, 8.1, dan 10.

TinyTake

Kalian juga bisa gunakan aplikasi TinyTake, dimana aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk tangkapan layar pada PC maupun Laptop. Yang mana aplikasi tersebut memiliki fitur yang sangat lengkap. Tidak hanya untuk menangkap layar saja, dengan aplikasi ini kalian juga bisa merekam video pada bagian yang diinginkan.

Baca Juga :   Download Komikcast Apk Premium Tanpa Iklan Versi Terbaru 2022

Sebenarnya masih ada lagi yang bisa dilakukan dengan aplikasi tersebut. Aplikasi ini menyediakan opsi anotasi pada rekaman atau tangkapan layar yang sudah diambil. Namun, yang disayangkan fitur tersebut masuk kedalam fitur premium TinyTake. Dimana saat kalian install aplikasinya, ikon TinyTake akan langsung ada di bagian Toolbar pada PC atau Laptop.

Awesome Screenshot

Masih banyak aplikasi lainnya yang dapat kalian gunakan untuk screenshot hal-hal penting pada layar PC maupun Laptop dengan mudah. Kalian bisa gunakan aplikasi Awesome Screenshot, yang mana aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan pada situs website yang menyediakan aplikasinya. Setelah unduh dan menginstallnya, aplikasi tersebut siap digunakan.

Silahkan kalian tekan ikon Awesome Screenshot yanga da pada bagian kanan atas layar. Kemudian kalian pilih opsi tangkapan layar atau perekam video. Hany dengan klik kanan di mouse, kemudian pilih Awesome Screenshot dan tentuka opsi perekaman. Untuk pengguna MacOS, jangan lupa atur izin screen recording pada referensi sistem untuk browser Google Chrome.

Gyazo

Gyazo ini bisa kalian manfaatkan untuk melakukan tangkapan pada layar dengan mudah. Saat menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa langsung mengambil tangkapan layar dengan cara menyeret kursor seperti pada umumnya. Dimana seperti kalian tahu, pada aplikasi lain saat sudah screenshot gambar tersebut akan masuk folder laptop/ PC.

Namun, jika kalian menggunakan aplikasi Gyazo ini. Hasil tangkapan layar akan tampil di laman browser kalian. Untuk menyimpannya, kalian harus melakukan penyimpanan secara manual. Dengan cara membuka image tersebut ke tab baru, setelah itu barulah kalian dapat menyimpan gambar tersebut. Dengan begitu, kalian dapat share gambar tersebut kepada teman-teman.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat disampaikan mengenai Aplikasi Screenshot Laptop yang dapat digunakan. Semoga semua informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian, terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

error: Content is protected !!