Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 dari Hp Android

Detakkampar.co.id – Berbagai macam program yang dibuat oleh pemerintah salah satunya yaitu program kartu prakerja. Dimana salah satu program tersebut banyak diminati oleh sebagian masyarakat, terutama mereka yang tidak mempunyai pekerjaan. Cara Daftar Kartu Prakerja sangat mudah, kita akan jelaskan selengkapnya dibawah ini.

Program kartu prakerja ini ditujukan untuk orang-orang yang mempunyai skill atau kemampuan khusus dan mereka yang sedang mencari pekerjaan. Dengan mengikuti program tersebut, kalian bisa meningkatkan kemampuan yang dimiliki, seperti dapat mengikuti pelatihan bisnis online, cara membuat CV yang baik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mengiuti program ini juga kalian akan mendapatkan peluang kerja lebih mudah dari sebelumnya. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum tahu cara untuk melakukan pendaftaran program tersebut. Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya kalian tahu syarat yang harus diikuti dalam program kartu prakerja tersebut.

Cara untuk daftar kartu prakerja ini sangat mudah, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang akan kita berikan dibawah ini. Namun, kalian harus tahu, ada beberapa orang yang tidak boleh mengikuti program tersebut. Seperti Polisi, TNI, DPR hingga orang yang sudah menerima bantuan dari pemerintah sebelumnya.

Program ini terbuka buat semua orang yang berwarganegara Indonesia dan berusia 18 tahun, juga sedang tidak bersekolah/ kuliah. Pada tahun ini 2022, program kartu prakerja sudah memasuki pendaftran gelombang ke 37. Bagi kalian berniat ingin bergabung dengan program tersebut, bisa kalian simak cara pendaftarannya dibawah ini.

Penjelasan Mengenai Kartu Prakerja

Penjelasan Mengenai Kartu Prakerja

Buat kalian yang belum pernah mendaftar bantuan program tersebut, kalian bisa mengikutinya pada seleksi gelombang yang dibuka. Kartu Prakerja sendiri merupakan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu masyarakat mengembangkan skill dan kemampuannya yang sudah dimulai dari tahun 2020.

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan untuk masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai atau meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Banyak dari masyarakat yang sudah mengikuti program tersebut dan mereka lolos dari program ini. Mereka semua merasakan dampak dari kartu prakerja ini dan juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Baca Juga :   Cara Top Up Stumble Guys Termurah (Pulsa, DANA, Gopay, DLL)

Setelah berhasil mengikuti program kartu prakerja ini, kalian akan dibagikan sebuah kartu prakerja. Nah, kartu tersebut merupakan program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat yang bisa mengembangkan bakat generasi bangsa tanah air ini. Dengan begitu, kalian akan mempunyai kemampuan dan juga keterampilan yang lebih baik lagi.

Kalian juga akan mampu bersaing dalam dunia kerja, karena sudah mempunyai skill yang didapatkan dari program kartu prakerja ini. Perlu kalian tahu di akhir tahun 2019 kemarin, dunia dihebohkan dengan munculnya wabah yang bernama Covid-19, karena wabah tersebut, perekonomian didunia menjadi tidak berjalan termasuk di Indonesia.

Program kartu prakerja ini hadir lebih cepat dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya. Program ini dibuat agar dapat membantu memperbaiki perekonomian di negeri ini. Dengan adanya program tersebut dapat membantu para pekerja yang di PHK. Untuk syarat dan cara pendaftarannya kalian bisa simak sebagai berikut.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Banyak sekali masyarakat di Indonesia yang ingin bergabung mengikuti program kartu prakerja tersebut. Program ini sangat membantu untuk kalian meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki. Dengan begitu, kalian dapat bersaing di dunia kerja yang tentunya tidak mudah untuk ditaklukan. Terdapat beberapa syarat yang harus kalian tahu untuk mendaftar kartu prakerja, sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus kalian penuhi yaitu menjadi warna negara Indonesia. Sebagai bukti, kalian harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

2. Berusia minimal 18 tahun

Tidak hanya berstatus WNI saja, kalian juga harus berusia diatas 18 tahun. Karena masyarakat yang berusi 18 tahun sudah dianggap sebagai orang dewasa dan tidak berada dibawah perwalian orang tua. Sehingga kalian dapat menjalankan program tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Jika kalian ingin mengikuti program tersebut, pastikan kalau kalian tidak sedang menempuh pendidikan formal, baik itu sekolah ataupun kuliah. Selama kalian masih berstatus seorang pelajar, kalian tidak dapat mengikuti program tersebut.

4. Bukan penerima bansos dari kemsos (DTKS), BSU, BPUM

Untuk mendaftar program kartu prakerja, pastikan kalian bukan penerima bansos dari pemerintah. Seperti penerima DKTS, bantuan subsidi upah, dan juga bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro.

5. Bukan Anggota TNI/ POLRI, ASN, anggota DPR/D dan BUMN/D

Kalian juga tidak dapat mendaftar program kartu prakerja jika berstatus sebagai anggota TNI/ POLRI, ASN, anggota DPR/D dan BUMN/D, dan juga perangkat/ pejabat Desa.

6. Bukan peserta kartu prakerja tahun sebelumnya

Perlu kalian tahu, bagi kalian yang sudah terdaftar dan menjadi penerima kartu prakerja di tahun 2021, tidak bisa mendaftar lagi untuk gelombang berikutnya ditahun 2022 sekarang ini.

7. Setiap KK dibatasi 2 anggota keluarga

Sama seperti gelombang sebelumnya, setiap keluarga dibatasi hana 2 orang saja yang bisa melakukan pendaftaran program kartu prakerja. Hal tersebut dilakukan agar bisa menghindari tumpang tindih peserta dan juga sebagai upaya pemerataan penerima program kartu prakerja.

8. Kelengkapan data diri

Syarat berikutnya yang diberikan program kartu prakerja ini yaitu, kalian harus mempunyai kelengakapan di beberapa poin. Diantaranya yaitu, sebagai berikut :

  • Mempunyai KTP dengan kondisi masih bagus.
  • Nama, tanggal lahir, alamat harus sesuai dengan KTP.
  • Mempunyai nomor induk kependudukan.
  • Mempunyai nomor katu keluarga.

9. Mempunyai email dan nomor handphone yang masih aktif

Saat melakukan pendaftaran, kalian akan menggunakan email dan juga nomor hp. Agar pendaftaran kalian lancar, gunakanlah email yang sesuai dengan nama lengkap kalian. Lalu, usahakan email dan nomor hp tidak diganti selama 5 bulan kedepan.

Itulah beberapa syarat yang bisa kalian ikuti, agar dapat bergabung dengan program kartu prakerja yang dibuat oleh pemerintah tersebut.

Baca Juga :   SssTiktok Download Sound MP3 & Video Tiktok Tanpa Watermark 2022

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah semua syarat yang diberikan sudah kalian penuhi, selanjutnya kalian bisa langsung melakukan pendaftaran program kartu prakerja tersebut. Adapun langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk melakukan pendaftran program kartu prakerta, antara lain sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian buka laman prakerja.go.id.
  2. Kemudian, kalian pilih menu “Buat Akun”.
  3. Selanjutnya, kalian isi data diri yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar.
  4. Setelah itu, kalian ceklis dan “Buat Akun”, setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar.
  5. Buka email yang sudah kalian daftarkan sebelumnya dan lakukan konfirm pendaftaran.
  6. Kemudian, kalian bisa langsung melakukan login ke akun yang sudah dibuat sebelumnya.
  7. Tahap berikutnya, kalian akan diarahkan untuk melakukan verifikasi KTP.
  8. Kalian bisa isi NIK, No KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik “Lanjut”.
  9. Lengkapi semua data yang diminta.
  10. Lalu, kalian akan diarahkan untuk melakukan verifikasi KTP dengan cara mengunggah foto e-KTP. Pastikan unggah foto KTP sesuai dengan ketentuan.
  11. Setelah foto terunggah, kalian klik pilihan “Kirim foto e-KTP”.
  12. Selanjutnya, lakukan verifikasi foto wajah.
  13. Kemudian, kaliak klik “Gunakan foto” dan pilih “kirim foto”.
  14. Setelah itu, kalian harus melakukan verifikasi nomor hp dengan cara memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke no hp yang sudah terdaftar.
  15. Silahkan kalian isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi yang dimiliki.
  16. Lalu, kalian bisa mnegikuti tes seleksi.
  17. Setelah kalian lulus tes, maka akan diarahkan ke dashboard situs prakerja.
  18. Pada dahboard kalian akan melihat gelombang yang sedang dibuka.
  19. Klik “Gabung” dan tunggu sampai waktu pengumuman tiba.

Itulah cara yang bisa kalian ikuti agar dapat berhasil melakukan pendaftaran program kartu prakerja. Ikuti setiap langkahnya, agar kalian berhasil melakukan pendaftaran tersebut.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja. Semua informasi yang sudah disampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Terimakasih!

error: Content is protected !!